Program Awal Kegiatan Ketahanan Pangan Gampong Beurawe Laksanakan Sosialisasi Kepada Masyarakat

Gampong Beurawe | Sosialisasi Ketahanan Pangan yang dilaksanakan pada Rabu, (21-09-2022) bertempat di Gedung Balai Pertemuan Gampong Beurawe. Kegiatan tersebut dibuka oleh Keuchik Gampong Beurawe. Penggunan Dana Desa 2022 diatur oleh Perpres 104 tahun 2021 Pasal 5 Ayat 4 yaitu program perlindungan sosial berupa bantuan langsung tunai desa paling sedikit 40% (empat puluh persen), program ketahanan pangan dan hewani paling sedikit 2O% (dua puluh persen), dukungan pendanaan penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) paling sedikit 8 % (delapan persen), dari alokasi Dana Desa setiap desa, dan program sektor prioritas lainnya.

Ketahanan Pangan diatur dalam  PMK 190/2021 Pasal 34, pemerintah desa menganggarkan ketahanan Pangan dan Hewani dalam APBDesa dan pemerintah desa melakukan penyesuaian kegiatan pangan dan hewani sesuai dengan karakteristik dan potensi desa.

Pada kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Arie Januar selaku Camat Kuta Alam, Nina Wahyuni selaku Tenaga Ahli P3MD Kota Banda Aceh dan Bustami selaku Penyuluh Pertanian Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Banda Aceh.

Pada kesempatan tersebut Keuchik Gampong Beurawe menyampaikan dengan adanya Program Ketahanan Pangan Desa yaitu penyerahan berupa Budidaya Ikan Lele dalam Ember.

“Dengan penyerahan tersebut semoga bisa memberdayakan masyarakat dan dapat memajukan perekonomian masyarakat Gampong Beurawe pada khusunya”. Ujar Amri.

Gampong Beurawe nantinya akan membagikan pada setiap Kepala Keluarga yang telah disurvey oleh Kepala Dusun. Dalam kesempatan tersebut juga masyarakat dibekali dengan pemahaman awal tentang tata cara pembuatan dan perawatan Budikdamber.

Dalam kesempatan tersebut masyarakat yang menghadiri acara tersebut menyambut gembira dan antusias dengan adanya program Ketahanan Pangan dari gampong yang memberikan Budikdamber, diharapkan nantinya Kepala keluarga yang telah disurvey oleh Kepala Dusun dapat menjalankan kegiatan tersebut supaya dapat berkembang nantinya. (zurief)

 

About Ariefzuu 58 Articles
Beurawe - Banda Aceh - Aceh