Sosialisasi Kesehatan Reproduksi Gampong Beurawe 2017

Meski masih terbilang usia muda, namun para remaja Gampong Beurawe sudah dikenalkan dengan kesehatan reproduksi. Hal ini yang dilakukan Dinas BKKBN Kota Banda Aceh, Kamis 11 November 2017.

 

 

Ada 40 remaja dan warga Gampong Beurawe dilibatkan sebagai konselor sebaya di bidang kesehatan reproduksi remaja. Maksudnya, mereka memberi konseling teman sebaya terkait kesehatan reproduksi. Acara ini digelar di Gedung BKKBN Kecamatan Kuta Alam.

Perwakilan BKKBN Kota Banda Aceh Yuniarini mengatakan, pembentukan konseling sebaya juga melibatkan Warga dan Remaja Gampong Beurawe. Konselor sebaya yakni layanan bantuan konseling yang diberikan oleh teman sebaya yang telah terlebih dahulu diberikan pelatihan-pelatihan untuk menjadi konselor sebaya.

 

”Sehingga diharapkan dapat memberikan bantuan baik secara individual maupun kelompok kepada teman-teman-temannya yang bermasalah  ataupun mengalami berbagai hambatan dalam perkembangan kepribadiannya,” katanya.

Para Remaja tersebut merupakan tangan panjang kesehatan reproduksi remaja dari Dinas Kesehatan di Gampong. ”Memberi konseling tentang kesehatan reproduksi remaja,” jelasnya.

Mereka diberi keterampilan atau pelatihan tentang konselor kesehatan reproduksi remaja. “Intinya merupakan upaya pentransfer pendidikan kesehatan reproduksi remaja dari Dinas Kesehatan melalui konselor sebaya kepada warga dan remaja Gampong Beurawe,” jelasnya.(yuni)

About Ariefzuu 58 Articles
Beurawe - Banda Aceh - Aceh