Zikir Rateib Seribe dan Tausiah di Gampong Beurawe

Banda Aceh–Masyarakat Gampong Beurawe, Kuta Alam, Kota Banda Aceh. Jumat (10/11) menggelar Ceramah Agama dan Zikir Ratib Seribe di Masjid Al-Furqan di Gampong Beurawe.

Ceramah Agama dan Zikir Ratib Seribe, disampaikan dan dipimpin oleh Tengku Haji Yusri Puteh dan Tengku Syukri Daud Pango dari Dayah Pango Ule Kareng Banda Aceh.

Sebelum zikir berkumandang,  Tengku Haji Yusri Puteh dalam tausyiah agamanya mengatakan, zikir ratib seribe, akhir-akhir ini di Aceh, kembali digalakkan pelaksanaannya. Setiap ada acara zikir ratib seribu dilaksanakan, jamaahnya selalu membludak.

Tujuan dilaksanakan Zikir Ratib Seribe ini, untuk upaya mendekatkan diri pada Allah SWT, juga salah salah satu cara untuk mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW, terhapus dosa, jauh dari siksa api neraka, dan memastikan kita masuk ke dalam surga.

Terlebih lagi, bisa menghindarkan kita dari berbagai penyakit. Baik penyakit lahir maupun peyakit batin yang kerap kali bersemayam dalam hati.

“Dengan berzikir, menyebut nama Allah, hati menjadi tenteram. Hati yang tenteram, tidak mudah digerogoti penyakit. Malah, penyakitnya menghindar. Lari terberit-berit dari tubuh,” ucap Tengku Yusri Puteh.

 

Ajaran Tauhid-Tasawuf, adalah salah satu upaya pemurnian dan aktualisasi diri dalam rangka mendekatkan diri pada Allah SWT dengan hiasan akhlak yang bagus.

Baik akhlak ketika berintegrasi dengan manusia, dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara maupun akhlak pada makhluk lainnya.

Saat pembacaan Zikir Ratib Seribe, yang dipimpin Tengku Syukri Daud Pango berlangsung jamaah larut dalam bacaan kalimat La Ilaha Ilallah yang dikumandang secara serentak.

Hentakkan kalimat tayyibah itu, berhasil meluluhkan hati jamaah. Bahkan, banyak di antara jamaah yang menangis terseduh sedan.

Apalagi, Tengku Syukri Daud Pango sebelum berzikir terlebih dahulu mengajak jamaah untuk mengingat dosa yang telah diperbuat, sakitnya sakratul maut, hajabnya siksa kubur, dan pedihnya siksa neraka.

Mengingat itu semua, hati jamaah menjadi lunak. “Ketika berzikir tadi, hati saya luluh, lebur bersama kalimat La Ilaha Ilallah,” ucap Raziah salah seorang jamaah dari Gampong Beurawe.

Acara Ceramah Agama dan Zikir Ratib Seribu, tidak saja dihadiri oleh jamaah dari Gampong Beurawe,  juga datang dari Kota Banda Aceh dan sekitarnya.

Tak ketinggalan, hadir pula Bapak Aminullah (Walikota Banda Aceh) beserta SKPD Kota Banda Aceh, Ir. Muzakir Razali (Keuchik Gampong Beurawe), pengurus BKM, dan segenap jamaah yang hadir malam itu.[]

About Ariefzuu 58 Articles
Beurawe - Banda Aceh - Aceh