Gp. Beurawe Sosialisasikan Susistanable Development Goals (SDGs) Pembangunan Berkelanjutan

Gampong Beurawe | Sosialisasi Suistanable Development Goals (SDG) Pembangunan Berkelanjutan dilaksanakan pada Selasa, 27 Oktober 2020. Acara tersebut dibuka langsung oleh Keuchik Gampong Beurawe, H. Amri. S. Sos dan juga dihadirkan pemateri dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Banda Aceh, Ibu Rizawati Dewi, S. ST serta Ridha S. Sy sebagai Ketua KNPI Kecamatan Kuta Alam yang mewakili DISPORA Kota Banda Aceh. Tema yang diangkat yaitu “Peran Pemuda dan Partisipasi Perempuan Dalam Pembangunan Berkelanjutan di Masa Pandemi”.

Pembangunan nasional bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mewujudkan kesejahteraan rakyat. Dalam sambutannya salah seorang Narasumber “menekankan pentingnya pelaksanaan pencapaian TPB/SDGs di lingkup Gampong Beurawe serta memerlukan  komitmen semua pihak baik unsur pemerintah, swasta, LSM dan masyarakat Gampong tersebut secara luas sehingga tidak ada satu orang pun yang tertinggal” kata beliau. Peningkatan kualitas SDM sebagai salah satu kunci keberhasilan pembangunan disesuaikan dengan keberagaman aspirasi dan hambatan kemajuan kelompok masyarakat laki-laki dan perempuan. Proses ini memerlukan suatu strategi yang menempatkan rakyat pada posisi aktif sebagai aktor pembangunan. Memerankan rakyat sebagai aktor berarti memerankan perempuan dan laki-laki sebagai aktor.

 

 

 

 

 

 

 

Pemerintah Indonesia mengeluarkan Instruksi Presiden No. 9 Tahun 2000 tentang Pengarus keutamaan Gender dalam Pembangunan Nasional  yang mengamanatkan bahwa dalam rangka meningkatkan kedudukan, peran dan kualitas perempuan, serta upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, perlu melakukan strategi pengarusutamaan gender ke dalam seluruh proses pembangunan nasional.

Adapun tujuan dari kegiatan sosialisasi adalah untuk memberikan pemahaman mengenai latar belakang, landasan filosopi, maksud dan tujuan serta kerangka pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/ Sustainable Development Goals (SDGs), memberikan pemahaman tentang langkah-langkah dan/atau tahapan melaksanakan TPB/SDGs di Kecamatan Kuta Alam terutama Gampong Beurawe. Adapun target dari pelaksanaan kegiatan ini diharapkan pada tahun 2021 semua gampong yang ada dalam Wilayah Kecamatan Kuta Alam khususnya juga Gampong Beurawe dapat mensinergikan anggaran yang ada pada APBG untuk diimplementasikan dalam berbagai kegiatan yang terdapat dalam 17 indikator keberhasilan SDG’s tersebut. (zurief)

About Ariefzuu 58 Articles
Beurawe - Banda Aceh - Aceh