Gampong Beurawe Juara III Lomba KIG Mewakili Kecamatan Kuta Alam

 

Banda Aceh | Kelompok Informasi Gampong (KIG) merupakan media forum kelompok masyarakat yang memilki aktifitas mengikuti informasi dari berbagai sumber, kemudian mendiskusikan hasil monitoring dan menyalurkan informasi kepada masyarakat sekitarnya serta untuk lebih lanjut dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Singkatnya KIG merupakan layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari oleh dan untuk masyarakat yang secara khusus berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhannya. Sebagai bentuk nyata dari proses diseminasi informasi dalam upaya pengembangan dan pemberdayaan KIG, Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Bidang Komunikasi dan Telekomunikasi Dishubkominfo Banda Aceh telah menggelar acara Dialog Publik Pemberdayaan KIG yang dihadiri oleh utusan KIG tiap Kecamatan.

Kelompok Informasi Gampong (KIG) yang mewakili Kecamatan Kuta Alam, berhasil menjadi juara III Lomba Cerdas Cermat antar KIG Se-Kota Banda Aceh yang diikuti oleh 9 kecamatan yang ada di kota Banda Aceh. Adapun yang mewakili KIG Kecamatan Kuta Alam yaitu Gampong Beurawe yang tampil sebagai peserta. dengan hadiah sebesar Rp 1,5 juta, diraih oleh KIG Kuta Alam. Adapun setiap KIG yang mengikuti lomba terdiri dari tiga orang yang merupakan perwakilan anggota KIG dari sembilan kecamatan se-Kota Banda Aceh. “Keseluruhan peserta lomba berjumlah 27 orang,” kata Bapak Bustami, SH.

Sebelumnya, acara dibuka secara resmi oleh Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin. Dalam sambutannya ia berharap melalui kegiatan ini akan membentuk masyarakat yang aktif, peduli, peka, dan memahami informasi.

Menurutnya, percepatan pembangunan suatu gampong akan lebih mudah dengan peran serta masyarakat. “Karenanya, keberadaan KIG di tengah-tengah masyarakat diharapkan mampu menjadi mitra sejati pemerintah dalam menyampaikan informasi pembangunan kepada masyarakat.” Ujar Bapak Wakil Walikota Banda Aceh. (3/10/2019). (zurief)

About Ariefzuu 58 Articles
Beurawe - Banda Aceh - Aceh